Pages

SIK GIZI DI PUSKESMAS

SIK GIZI DI PUSKESMAS


Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) adalah sebuah sistem Informasi yang terintegrasi dan didesain multi user yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen puskesmas. Dalam implementasinya, Digital Sense telah merilis dua versi sekaligus yaitu berbasis desktop (OS Windows) dan berbasis web (OS Open Source). SIMPUS ini terdiri atas berbagai modul yaitu: Admin Sistem (manajemen user), Loket, Poli BP/umum, Poli Gigi, Lab/Radiologi, Apotek, Poli KIA, UGD, Rawat Inap, Kegiatan Luar Gedung/UKM, Pojok Gizi, Pelayanan KB, Manajemen Aset, dan Kepegawaian. Memungkinkan koneksi online Dinas Kesehatan ke Puskesmas/Pustu secara real time.

Melalui Keputusan Meteri Kesehatan RI Nomor 511 Tahun 2001 tentang kebijakan dan strategi pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Nasional (SIKNAS) dan Nomor 932 tahun 2002 tentang petunjuk pelaksanaan pengembangan sistem informasi kesehatan daerah kabupaten/kota dikembangkan berbagai strategi, yaitu :
  • Integrasi dan simplifikasi pencatatan dan pelaporan yang ada
  • Penetapan dan pelaksaan sistem pencatatan dan pelaporan
  • Fasilitasi pengembangan sistem-sistem informasi kesehatan daerah
  • Pengembangan tekhnologi dan sumber daya
  • Pengembangan pelayanan data dan informasi untuk manajemen dan pengambilan keputusan
  • Pengembangan pelayanan data dan informasi untuk masyarakat

Penyelaggara layanan kesehatan masyarakat melalui puskesmas merupakan kegiatan yang membutuhkan proses pencatatan dan pengolahan data yang cukup kompleks. Dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menangani berbagai macam kegiatan opersional puskesmas mulai dari pengelolaan registrasi pasien, data rekam medis pasien, farmasi, keuangan, hingga berbagai laporan bulanan, tribulanan, dan tahunan. Berbagai laporan eksekutif yang dihasilkan oleeh puskesmas dengan bantuan sistem informasi sangat dibutuhkan dalam penentuan kebijakan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat.


Ditunjang dengan berbagai macam fitur yang memudahkan penggunan (user), antara lain:

  • Tata tampilan tab view menarik
  • Mudah digunakan (User friendly)
  • Laporan lengkap (administrasi ke dinas)
  • Output bisa convert excel dan pdf
  • Fasilitas pencarian data pasien
  • Fasilitas auto backup data


Sistim Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) merupakan tatanan manusia/peralatan yang menyediakan informasi untuk mebantu proses manajemen puskesmas dalam mencapai sasaran kegiatan.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas

a. Umum
  • Meningkatkan kualitas manajemen puskesmas secara lebih berhasil guna dan berdaya guna, melalui pemanfaatan secara optimal data sp2tp dan informasi lain yang menunjang
b. Khusus
  • Dasar penyusunan PTP
  • Dasar penyusunan rencana pelaksanaan kegiatan poko puskesmas (lokmin)
  • Dasar pemantauan & evaluasi pelaksanaan kegiatan pokok puskesmas
  • Mengatasi hambatan dalam pelaksaan kegiatan

0 komentar:

Posting Komentar